Cara Mengatasi Duplicate Content di Blogger Update 2015

Tutorial cara mengatasi duplicate content di blogger ini pertama dipublish sekitar 2 tahun yang lalu. Karena cukup banyak perubahan yang terjadi selama dua tahun ini, jadi postingan ini saya update lagi agar tetap relavan untuk diterapkan sekarang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya duplicate content di blogger. Diantaranya adalah duplikat yang terjadi karena halaman arsip, pencarian, dan yang paling umum adalah duplikat konten karena halaman versi seluler.


Lalu bagaimana cara mengatasinya agar tidak terjadi duplicate content?

Caranya gampang saja, namun harus disesuaikan dengan penyebabnya, jadi tidak semua duplicate content dapat diatasi dengan cara yang sama. Ok, langsung saja simak baik-baik caranya berikut ini:

1. Duplicate Content Karena Halaman Label

Dalam keadaan default sebenarnya halaman label sudah disetting agar tidak terindek oleh mesin pencari, yaitu pada file robots.txt. Namun entah kenapa, terkadang halaman label tetap saja terindex oleh mesin pencari yang akhirnya menyebabkan duplicate content.

Solusinya sobat harus memasukan sebuah kode khusus secara manual kedalam template blog sobat.

Silakan sobat tambahkan kode di bawah ini tapat di bawah kode <head> di dalam template blog sobat:

<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

2. Duplicate Content Karena Halaman Arsip dan Pencarian

Untuk mengatasi duplicate content yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian caranya sangat mudah sekali, tidak perlu memasukan kode-kode khusus, sobat hanya perlu mengatur settingan preferensi penelusuran pada dashboard blog sobat.

Masuk ke dashboard blog sobat > Setelan > Preferensi penelusuran > Aktifkan tag header robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:

3. Duplicate Content Karena Halaman Versi Seluler

Penyebab duplicate content paling umum yang terjadi di blogger adalah karena halaman versi seluler di blogger karena setiap postingan di blogger memiliki tiga URL yang berbeda dengan isi yang sama.

Seperti ini contohnya:

URL Asli : namablogku404.blogspot.com/2015/09/postingan-keren.html

URL versi seluler : namablogku404.blogspot.com/2015/09/postingan-keren.html?m=1

URL versi desktop : namablogku404.blogspot.com/2015/09/postingan-keren.html?m=0

Jika semua URL di atas terindex Google maka akan terjadi 3 duplicate content dalam satu postingan.

Kenapa kok bisa terindex?

Setelah meneliti lebih dalam tentang masalah ini saya menemukan bahwa hal ini terjadi karena penggunaan template blogger Valid HTML.

Loh kok bisa?

Template blogger valid HTML rata-rata menghilangkan beberapa kode penting yang ada di blogger. Salah satunya adalah kode <b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>.

Salah satu fungsi kode tersebut adalah untuk menampilkan kode rel=”canonical” yang penting untuk mengatasi duplicate content.

Memang ada beberapa template valid HTML yang memsang kode rel=”canonical” secara manual, tapi kode tersebut tidak bisa berfungsi maksimal sebagaimana mestinya.

Terus bagaimana solusinya?

Ada 3 solusi yang bisa dipilih:

#1. Solusi pertama: Ganti Template.

#2. Solusi kedua: Jika ada, hapus kode ini di dalam template:

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Terus pasang kode ini di bawah kode <head>:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

#3. Solusi terakir: Jika template yang sobat gunakan memiliki desain responsive, sobat bisa meletakan kode ini tepat di bawah kode <head>:

<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Kesemua cara di atas sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya saat itu (sebelum pindah ke WordPress) blog saya tidak mengalami lagi yang namanya duplicate content. Namun meskipun begitu saya tidak bertanggung jawab jika setelah mempraktekan cara di atas blog sobat hilang dari hasil pencarian atau deindex.

Penting untuk diketahui, setelah menerapkan cara di atas sobat tidak bisa langsung melihat hasilnya, butuh waktu berminggu-minggu sampe berbulan-bulan sampe terlihat hasilnya. Blog saya sendiri saja membutuhkan waktu sekitar sebulan lebih sebelum akhirnya terbebas dari masalah duplicate content.


Sumber : Sugeng.ID



Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Mengatasi Duplicate Content di Blogger Update 2015"

  1. DOMINO206 memberikan berbagai bonus dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru 2016.
    Segera daftar sebelum 31 Desember 2015 dan dapatkan bonus berlimpah !!

    judi qiu qiu
    domino qiuqiu online
    bandar qq
    Bandar Qiu
    tips menghilangkan luka bakar

    games online poker

    BalasHapus
  2. untuk setting robot txt apakah perlu di setting / diaktifkan jika menggunakan template yang saat ini mas gunakan, soalnya saya sudah membeli template yg sama mas sugeng gunakan di blog ini.

    BalasHapus
  3. Thanks gan.info baru bagi saya.trtma perbedaan URL asli mobile sama desktop.

    BalasHapus
  4. Mantap gan. http://juraganseleb.yn.tl

    BalasHapus