10 Trik Rahasia Microsoft Word Yang Guna Banget!!


Lagi nyusun skripsi, laporan atau buat laporan dalam bentuk Word?? Nih gw share sedikit trik rahasia yang ada di Word, biar kerjaan bisa cepet beres.., cekidot!

1. Mengganti dari lowercase ke UPPERCASE atau sebaliknya
Untuk merubah dari huruf kecil ke huruf besar atau sebaliknya dengan cepat, bisa digunakan shortcut ‘Shift+F3’.
Caranya block kata yang hendak dirubah, lalu tekan ‘Shift+F3’ beberapa kali hingga sesuai yang diinginkan. Trik ini sangat berguna ketika kita lupa mematikan CAPSLOCK saat mengetik.

2. Memindahkan text
Biar cepet, gunakan shortcut ‘CTRL+F3’ untuk mengcopy sekaligus menghapus text kemudian tekan ‘CTRL+Shift+F3’ untuk mem-paste text tersebut. Hal ini bisa dilakukan juga pada Image atau pada text dari file dokumen lain.
Cara lain yang bisa digunakan adalah setelah mem-block tekan tombol F2 kemudian pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan lalu tekan ENTER.

3. Berpindah lebih cepat
Punya file dokumen dengan halaman yang banyak? Bisa gunakan shortcut ‘Shift+F5’ untuk kembali ke spot terakhir yang kita edit. Trik ini juga bisa digunakan meskipun file dokumen tersebut baru saja kita tutup.

4. Konversi ke ‘plain text’
Nih buat yang demen copy paste dari internet..., kadang dokumen yang kita copy paste hasilnya suka berantakan kan? Caranya biar rapih  bisa mem-block dulu kemudian tekan ‘CTRL+Spacebar’ atau ‘CTRL+Shift+N’ untuk merubahnya menjadi ‘plain text’.

5. Block lebih cepat
Untuk mem-block seluruh paragraf,  bisa klik tiga kali di area paragraf tersebut sedangkan jika hanya ingin mem-block satu kalimat bisa digunakan shortcut ‘CTRL+klik’ di area kalimat tersebut.

6. Mengcopy format text
Shortcut ini akan sangat berguna ketika kita hanya ingin mengcopy FORMAT sebuah text dan bukan text-nya sendiri.
Block dulu kata yang ingin dicopy formatnya kemudian tekan ‘CTRL+Shift+C’ untuk mengcopy format text tersebut.
Sedangkan untuk mem-paste bisa digunakan ‘CTRL+Shift+V’.
Seperti juga ketika kita mengcopy text dengan ‘CTRL+C’, format text tersebut tetap tersimpan dalam memori komputer selama program WORD belum kita tutup.

7. Mengulang perintah terakhir
WORD mengingat perintah (format) terakhir yang dilakukan dan dengan menekan tombol F4 akan otomatis mengulang perintah tersebut.  Ini akan sangat berguna ketika kita mengedit sebuah file.

8. Automatic page break./halaman baru
Cukup  menekan ‘CTRL+Enter’, dokumen yang ada di halaman berikutnya ga akan berubah kok, beda kalau dikerjain manual (enter berkali-kali).

9. Ketik di area manapun pada sebuah halaman
kita bisa menggunakan halaman dokumen WORD seperti sebuah papan tulis, jadi kita bisa menulis di sembarang tempat. Tinggal double klik di area manapun dalam sebuah halaman dan ketik kata yang ingin ditulis. Ini penting kalau lagi bikin catatan pas dosen lagi ngomong, atau notulen rapat.

10. Nambahin filler
Ketika kita ingin melihat hasil akhir sebuah font, biasanya kita memilih sebuah font kemudian mengetik kata tak beraturan (filler) atau mem-block sebuah paragraf kemudian memilih font.
Ada sebuah cara untuk menulis filler dengan cepat yaitu dengan mengetik =rand(p,l) dimana p adalah jumlah paragraf dan l adalah jumlah kata dalam paragraf tersebut.
Jika kesulitan memahaminya bisa langsung dipraktekkan. Coba buka sebuah halaman kosong kemudian ketik =rand(4,3) untuk menulis filler sebanyak 4 paragraf yang masing-masing berisi 3 kata lalu tekan ENTER.

Sekian penjelasan dari artikel 10 Trik Rahasia Microsoft Word Yang Guna Banget!! Biar lebih paham, silakan langsung di praktekin aja Bro.., selamat mencoba & semoga bermanfaat yak!!

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "10 Trik Rahasia Microsoft Word Yang Guna Banget!!"

  1. Mantap. http://juraganseleb.yn.tl

    BalasHapus
  2. Super sekali http://mamorpublicate.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus